Saya Pikir Rubah Itu Musang, Ternyata Beda!


Baru-baru ini, saya baru tahu kalau ternyata Rubah dan Musang adalah hewan yang berbeda. Mungkin akan ada beberapa orang yang setelah membaca kalimat sebelumnya akan berkata, “Lah, kan emang beda. Jauh banget malah”. Tapi jujur, saya beneran belum lama tahu kalau ternyata beda.

Dulu saya kalau ditanya dengan pertanyaan apa nama hewan yang ada di gambar yang jadi thumbnile postingan ini, saya akan jawab itu Musang. Terus kalau rubah yang kayak gimana? Sepertinya saya akan menjawab dengan menunjuk gambar yang sama. Tapi nggak tahu kenapa saya lebih prefer buat menyebut itu sebagai Musang. Jadi daripada nggak bisa membedakan, mungkin lebih tepat kalau disebut saya mengira kalau Rubah itu Musang. Hingga pada akhirnya ada sebuah kejadian di akhir tahun 2017 yang membuat saya menyadari semuanya.

Jadi begini, di akhir tahun 2017, seperti layaknya akhir tahun yang normal, saat itu tentu sedang musim liburan. Dan untuk mengisi waktu liburannya, adik saya di rumah nonton kartun Zootopia. Saya yang kebetulan lewat ruang keluarga tanpa sengaja nonton sekilas kartun tersebut. Karena merasa kalau kayaknya kartunnya seru, akhirnya saya ikutan nonton. Dan benar, ternyata emang seru.

Dari keseluruhan film yang menurut saya memang seru, ada satu moment yang benar-benar sukses menyedot perhatian saya, menempel kuat dalam memori saya. Sebuah moment di mana ketika dari speaker televisi terdengar kata ‘FOX’ untuk menyebut Nick Wilde, ditulis oleh subtitle sebagai ‘RUBAH’.
Nick Wilde the Fox dalam Zootopia
Saat itu saya langsung bertanya-tanya …

“Loh, kok rubah? Bukannya itu musang?”

Tanpa membuang waktu, saya langsung membuka google. Saya mengetik kata rubah. Dan yang muncul adalah gambar-gambar seperti ini …
Sebuah tanya kembali muncul …

“Kalau yang itu namanya rubah, terus musang itu yang kayak gimana, dong?”

Lagi-lagi saya memaksa google untuk memuaskan hasrat saya akan rasa penasaran yang terasa memuncak. Yang muncul adalah gambar-gambar seperti ini …
Gambar-gambar yang keluar sungguh berbeda dengan apa yang sebelumnya saya bayangkan. Ternyata musang dan rubah memang berbeda. Jauh banget malah. Bukan hanya dari penampakan fisik, dari klasifikasi ilmiahnya juga berbeda sangat jauh. Rubah itu familinya canidae, sebangsa anjing. Pantes agak mirip sama serigala. Sedangkan musang berasal dari famili Viverridae. Jauh sekali memang perbedaan antara rubah dan musang.

By the way, karena penasaran apakah hanya saya satu-satunya orang di dunia ini yang berkipir kalau rubah itu musang, saya memutuskan untuk nanya di beberapa group whatsapp yang saya ikuti. Jadi, saya share gambar rubah dan bertanya dengan kalimat “hewan apakah ini?”. Jujur saya berharap bakalan ada yang jawab musang. Tapi ternyata semuanya menjawab rubah. Nah, di sini saya sadar kalau ternyata cuman saya yang bego. Haha.

Tapi saya menduga kenapa saya bisa menyangka kalau rubah itu musang mungkin karena ada banyak orang kampret di luar sana yang dengan santai bilang kalau Naruto itu Siluman MUSANG Ekor Sembilan. Padahal Rubah Ekor Sembilan. Kampret memang orang-orang kayak gitu. Bikin kecerdasan saya di bidang biologi sedikit banyak terciderai.
Terakhir, nggak tahu kenapa gara-gara kasus rubah ini, saya jadi pengen memelihara rubah di rumah. Bentuknya lucu gitu soalnya. Hehe.

11 Komentar untuk "Saya Pikir Rubah Itu Musang, Ternyata Beda!"

  1. samaa wkwkwk.. gara" nonton naruto indonesia jadi salah tanggpan. gumiho sm kyubi itu rubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata saya nggak sendirian. hahaha. naruto kampreeeet!!!

      Hapus
  2. Kalo gw lebih ngaco rubah=serigala.. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. laaaah. hahahaha. ada yang lebih ngaco sih. kakek saya ngira kalo kucing itu babi hutan. (tapi boong)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. aku tau rubah itu yang kayak gitu bentuknya, tapi diotak aku tetep aja rubah itu ya musang, mungkin karena kecil suka denger cerita fabel bahasanya suka dicampur, kadang nyebut rubah kadang nyebut musang....baru realize sekarang setelah kepo sama sifat sifat hewan wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sih. emang suka dicampur adukkan. jadi bingung. haha

      Hapus
  4. Saya menyebut kyubi itu rukorlan(rubah ekor sembilan), sedangkan teman menyebut itu kyubi, saya gak pernah nonton naruto entah,,, saya dan teman saya beda pendapat hahaha

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel