Kids Jaman Now? Generasi Micin? Matamu Sempal!



Halo. Pernah dengar kalimat ini belum? Kalimat kayak kids jaman now atau generasi micin gitu? Pernah ya pastinya. Karena kalau belum pernah, rasanya aneh aja kenapa bisa nyasar ke postingan ini.

Ok, tapi sebenarnya kids jaman now itu apa, sih? Umm … secara bahasa, kurang lebih artinya anak jaman sekarang kali, ya. Saya yakin adanya kata berbahasa Inggris di situ berfungsi untuk menambahkan kesan kekinian. Terus, kalau generasi micin? Secara bahasa saya nggak begitu tahu. Generasi yang suka makan micin? Kayaknya bukan, ya. Tapi satu yang pasti, secara penggunaan, generasi micin seolah menjadi sinonim dari kids jaman now.

Lalu siapakah mereka? Kids jaman now itu siapa? Siapa sih generasi micin? Kalau dari pengamatan saya, kids jaman now atau generasi micin adalah sebuah sebutan yang disematkan buat para remaja dan terkadang bahkan juga anak-anak di Indonesia. Mungkin biar lebih gampang menjelaskannya, kira-kira buat anak-anak kelahiran 2000-2010an, lah.

Penggunaan kata kids jaman now dan generasi micin sendiri menurut apa yang saya rasakan, konotasinya sedikit negatif. Seolah digunakan untuk menggambarkan kelakuan nyeleneh anak-anak kelahiran 2000an. Pokoknya yang jelek-jelek. Ngerokok, berantem, pacaran, tawuran, nyontek, sekali lagi pokoknya yang jelek-jelek. Masalah moral.

Gambaran seberapa jelek kids jaman now dan generasi micin diperparah sama viralnya lagu dari rapper Ecko Show yang berjudul Kids Jaman Now. Music video dari lagu tersebut menggambarkan suasana kelas di sebuah SMP yang kesannya parah banget. Yang mana menurut saya MVnya cukup berlebihan. Anak SMP jaman sekarang nggak gitu juga kali. Yang belum tahu lagunya kayak apa bisa klik LINK INI.

Pertanyaannya, ini istilah kids jaman now sama generasi micin siapa yang pakai? Jelas generasi yang bukan berasal dari 2000-2010. Lalu siapa? 2010 ke atas? Jelas bukan. Mereka terlalu muda. Lalu? Tentunya generasi 90an. Kenapa? karena kalau generasi sebelumnnya rasanya nggak mungkin aja. Generasi 80an atau 70an saya yakin udah males ikutan trend beginian. Saya yakin generasi 80an atau sebelumnya udah fokus sama kehidupan yang nyata.

Generasi 90an. Ya, generasi yang nggak tahu kenapa menurut saya seolah selalu berusaha untuk melabeli generasi mereka sebagai generasi terbaik. Pasti sering di internet kita lihat postingan atau meme atau apapun yang tulisannya kurang lebih, “HANYA ANAK 90an YANG TAU” atau “ANAK 90an PASTI TAU”. Kayak seolah pengen ngomong ke dunia kalau generasi mereka paling asik. Paling keren. Berbanding terbalik sama generasi 2000an yang kesannya kelam.

Sebagai bagian dari generasi 90an, tepatnya saya lahir di 94, saya bertanya-tanya. Apakah generasi 90an memang lebih baik –secara moral tepatnya- dari anak 2000an? Sepertinya enggak, ya. Nggak tahu kenapa menurut saya sama aja.

Ok, coba kita kupas. Memang apa aja sih yang bikin citra anak 2000an terlihat buruk?

REFRENSI LAGU
Anak 90an selalu ngomong kalau anak 2000an dari SD tahunya cuman lagu cinta. Pokoknya bukan lagu anak. Mungkin benar. Tapi coba lihat apa yang terjadi pada anak 90an? Dulu pas SD kelas 4 atau 5, saya ingat waktu itu extrakulikuler pramuka. Kami semua duduk melingkar dan bernyanyi. Coba tebak lagu apa yang kami nyanyikan? Saya agak lupa sih lagunya  judulnya apa. Tapi saya masih sangat ingat lagunya siapa yang kami nyanyikan bersama. Ungu dan Peterpan –waktu itu Noah masih Peterpan-, seperti yang kita ketahui bersama, lagunya Ungu dan Peterpan mayoritas bertemakan cinta. Jadi apa bedanya?

Apakah itu aneh? Enggak juga, kok. Karena menurut saya akan lebih aneh kalau saya lihat anak kelas 5 atau 6 SD yang menjelang puber masih menyanyikan lagu anak seperti diobok-obok atau balonku ada lima. Jadi lagu cinta untuk anak seusia itu cukup wajar lah ya.

Biasanya anak 90an akan bilang, “at least kami masih dengerin lagu anak”. Ya, tapi dulu pas masih jaman TK atau bahkan sebelum masuk sekolah. Dan hal itu juga terjadi pada adik saya yang kelahiran 2004, lho. Dia waktu masih playgroup dengerinnya juga lagu anak, kok. Jadi apa bedanya?

ROKOK
90an berkata, “jaman sekarang anak SMP udah pada jadi perokok. Dasar generasi micin!”

Saya jawab aja, “lah, bukannya sama aja?”

Dulu pas SMP, teman saya banyak yang naik bus. Pas pulang sekolah, nungguin bus di terminal, coba tebak apa yang mereka lakukan? Tepat! Nongkrong sambil ngerokok. Jadi apa bedanya?

IKUTAN TINGKAH NEGATIF IDOLA
90an selalu menghujat anak 2000an yang suka banget ngomong kasar gara-gara ikut-ikutan idola masa kini macam Young Lex atau Reza Arap. Parah? Mungkin. Tapi kira-kira bagaimana kondisi anak 90an ketika mereka remaja dulu, ya?

Dulu antara tahun-tahun akhir saya di SD dan tahun-tahun awal saya di SMP, di negeri kita tercinta tayang di TV sebuah acara legendaris bernama SMACKDOWN. Tebak apa yang terjadi? Yap, banyak anak-anak waktu itu berusaha meniru adegan-adegan di smackdown. Jadi dulu rasanya biasa aja pas di dalam kelas lihat dua orang saling banting-bantingan. Parahnya bahkan ada yang sampai meninggal. Jadi apa bedanya?

Tunggu! Saya ralat pertanyaan saya. Jadi siapa yang lebih parah?   

PACARAN
Ya. pacaran. Generasi 90an banyak banget yang menghujat anak 2000an yang masih SD udah pacaran. Kenyataannya, memang ada anak SD yang udah pacaran. Nggak usah jauh-jauh, tetangga saya ada kok masih kelas 6 SD (lahir 2005 atau 2006) dan udah pacaran. Agak bikin iri memang. Saya udah 23 dan belum pernah sekalipun pacaran. #BGST!

Nah, sekarang pertanyaannya, apakah 90an lebih baik? Enggak juga, lho. Dulu pas saya kelas 5 SD, sekitar tahun 2004 atau 2005 saya agak lupa, teman sekelas saya banyak juga lho yang pacaran. Sekitar 5 pasang ada kayaknya. Jadi apa bedanya?

FREE SEX
90’s said, “anak sekarang masih SMP udah gituan.”

Umm … saya mau cerita aja, ya. Jadi dulu pas saya masih kelas dua SMP, tahun 2009 tepatnya, ada kakak kelas saya yang ketahuan lagi gituan di belakang perpustakaan sekolah. Sumpah ini saya nggak bohong. Di era yang sama, di sekolah lain ada siswi yang dikeluarkan dari sekolah karena hamil. Jadi apa bedanya?
 ***
Apa bedanya? Bedanya apa? Bedanya adalah tingkat kemajuan masing-masing era. Sekarang era internet. Apapun bisa tersebar cepat ke penjuru dunia lewat internet. Termasuk kenakalan remaja. Ada apa dikit sedunia bisa tahu. Kalau dulu ada apa-apa paling yang tahu hanya tetangga atau orang-orang terkedat. Lebih dari itu, sebenarnya sama aja.

Jadi buat anak 90an, stop mengklaim diri lebih baik dari anak 2000an. Buat anak 2000an, kalau ada yang ngatain kalian KIDS JAMAN NOW atau GENERASI MICIN, jawab aja: MATAMU SEMPAL!  

Belum ada Komentar untuk "Kids Jaman Now? Generasi Micin? Matamu Sempal!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel