Susahnya Jadi Fans K-HIPHOP Di Indonesia


Akrab sama nama-nama seperti Jay Park, Loco, Gray, Simon Dominic, Uneducated Kid, Ph-1, Superbee, Giriboy, Paloalto, Swings, Jvcki Wai, B-Free dan artist-artist Korean hip-hop lainnya? Kalau iya.. ok, sip, berarti kamu ga salah alamat. Selamat datang di sebuah tulisan yang akan membahas tentang susahnya jadi fans k-hiphop di Indonesia.

Hahaha. Anjir, keren kan paragraf intronya? Wkwk. Karena memulai dengan keren, jujur sekarang saya malah bingung mesti nulis apaan? Hehe. Umm… gini aja, intinya, saat ini saya lagi seneng-senengnya sama rap Korea. Especially Jay Park, sih. Ah, Jay Park mah ngapain aja juga keren. Saya yang ga suka sama rnb aja denger lagunya Jay Park yang judulnya Solo (genrenya rnb) juga langsung tiba-tiba suka sama rnb, kok. Jay Park mah mau ngerap, rnb, edm, dangdut koplo, campursari, baca puisi, atau bikin tutorial masak juga saya bakalan suka. Wkwk.. Loh, ini kok jadi kemana-mana, sih? Umm.. ok. Back to k-hiphop.

Jadi.. intinya sekarang ini saya pengen nulis tentang ga enaknya jadi fans k-hiphop di Indonesia. Daripada muter-muter ga jelas lagi, mending langsung aja kali ya.. hehe.

SERING DIKIRA FANS KPOP
Ya, wkwkwk. Hal paling ga enak dari menjadi penikmat k-hiphop adalah sering banget dikira fanboy kpop. Padahal beda anjir. Iya sih sama-sama korea, tapi kan beda! Dari namanya juga beda banget kali. Wkwk.

Gatau kenapa ga bisa dipungkiri memamg ada semacam kecenderungan menggeneralisasikan semua musik yang dari korea sebagai kpop. Ya emang sih musik kpop tuh musik korea yang paling mainstream. Ga cuma mainstream, tapi kpop emang bisa diterima luas banget di seluruh dunia. Nah, masalahnya musik korea tuh ga cuma kpop. Ada hiphop, ada ballad juga, dan… banyak deh macamnya. Tapi tetep aja, bagi orang awam, apapun yang dari korea itu kpop. Umm.. yaudahlah. Mau gimana lagi. Wkwk.

DIANGGAP ALAY
Serius, saya sering dianggap alay sama teman-teman saya gara-gara saya dengerin khiphop. Kayanya sih gara-gara kebawa mindset bahwa kpop adalah alay dan lagi-lagi berhubungan sama orang awam nganggep semua musik korea adalah kpop jadi mereka pikir khiphop itu kpop. Dan karena mereka pikir khiphop itu kpop, mereka otomatis mikir khiphop itu alay. Wkwk. Btw, saya gabisa paham sama orang yang mikir kpop itu alay, maksud saya musik ya musik aja. kenapa harus ada judgement bahwa musik ini keren sementara musik itu engga? Padahal mah musik kan soal selera.

Oh iya, gara-gara saya sering nge-share lagu khiphop yang saya denger ke story instagram, kalau ketemu temen, sering tuh terjadi percakapan yang kurang lebihnya kaya gini…

Teman: kamu sekarang alay ya?

Saya: hah? Kobisa?

Teman: suka kpop.

Saya: tunggu.. tunggu.. saya ga suka kpop. Saya suka khiphop! Rap korea!

Teman: oh, dari korea juga kan?

Saya: iya.

Teman: alay!                 

Ok, jadi intinya se-swag apapun lagu hiphop yang anda dengar, selama itu berasal dari korea, berarti alay. Ok, im fine! Im alay? Im fine with that!

SUSAH CARI INFORMASI TENTANG KHIPHOP
Beda banget sama kpop, berita tentang khiphop tu terbatas banget. Terutama yang berbahasa Indonesia. Ya gimana lagi, namanya juga sedikit penikmatnya. Jadi mau gamau harus baca artikel yang berbahasa inggris cuman buat tau perkembangan terkini dari idola. Udah bahasa inggris saya menyedihkan, info tentang khiphop berbahasa inggris juga ga banyak-banyak amat. Wkwk. yaudahlah ya, malah berasa jadi kaya anak indie, eksklusif gitu.

GA PUNYA TEMAN SEHOBI
Ini nih yang menyedihkan. Saya kesulitan menemukan teman buat ngobrolin khiphop. Wkwk. Jujur aja ya, sebagai pria usia pertengahan 20an kaya saya, sekedar nemu temen yang diajak ngobrol soal musik kpop yang lebih mainstream aja susah loh. Apalagi khiphop. 

Emang sih jadi fans khiphop itu susah. Tapi yaudahlah, yakin aja tuhan punya rencana di balik semua kesedihan yang saya rasakan……… dih apaan sih? Wkwk.  

Belum ada Komentar untuk "Susahnya Jadi Fans K-HIPHOP Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel