Kuliah S2 Gara-Gara Gabut? Daripada Nganggur?


Saya pengen lanjut kuliah, S2. Tapi saya ragu…

Kurang lebih sudah 3 bulan berlalu sejak saya wisuda dari jenjang pendidikan S1. Dan sekarang saya berada dalam persimpangan jalan. Ya, saya menghadapi dilema tentang apa yang seharusnya saya lakukan. Dengan kata lain, saya bingung dan gatau mau ngapain.

Selama 3 bulan ini, praktis saya ga melakukan apapun. Tentu saya masih bernapas, mandi, minum, bikin tulisan di blog, dan… ah tentu saja melakukan hal-hal semacam itu tetap saja gabisa bikin saya lepas dari predikat ‘ga melakukan apapun’. Dengan kata lain, selama 3 bulan ini saya nganggur ya. iya NGANGGUR! Jadi singkatnya, selama 3 bulan ini saya jadi SAMPAH MASYARAKAT!

Sedih banget sumpah :)

Jujur saya udah capek nganggur. Dan saya pengen banget lanjut kuliah. Saya pengen banget S2. Tapi saya ragu. Kaya ada berjuta pertanyaan yang bikin saya mikir-mikir. Tapi dari banyak pertanyaan, yang paling utama adalah… saya S2 buat apa?

Iya, saya jujur agak ragu sama niat saya sendiri untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Buat apa? Tujuan saya tu apa? Biar ga nganggur? Masa iya gara-gara gabut doang saya jadi kuliah S2? Tuhkan, gatau kenapa saya ngerasa itu bukan alasan yang tepat. Kaya kurang bijak aja gitu. Masa karena nganggur? Masa gara-gara gabut? Tuhkan aneh.

Sebenarnya gapapa juga sih. Soalnya dulu saya kuliah S1 juga alasannya karena hal itu. Iya, saya S1 gara-gara gabut, daripada nganggur. Tapi, gatau kenapa saya ngerasa hal itu gabisa saya terapkan kalau saya mau S2. Situasinya udah beda. Beda banget. Waktu itu saya masih muda banget. Masih remaja. Sekarang saya udah bukan remaja lagi. Saya udah berada di usia produktif. Yang mana ditandai dengan banyak teman-teman se-angkatan saya yang sekarang udah pada nikah, kerja yang bener, punya rumah, dll.

Intinya kalau saya kuliah S2, secara otomatis saya akan membuang setidaknya 2 tahun waktu dalam hidup ini. Ya kalau bermanfaat, saya takutnya kalau terbuang sia-sia. 2 tahun anjir, seiring berjalannya waktu saya bakalan tambah tua. Pertama itu tadi, saya takut waktu saya terbuang sia-sia. Kedua, soal biaya. Kan S2 tu ga murah, ga kayak beli lontong, saya takut banget kalau udah buang-buang waktu, jadinya pasti otomatis buang-buang duit juga. Puluhan juta loh, bukan angka yang sedikit.

Tuhkan, rasanya ga bijak aja kalau mengorbankan waktu 2 tahun, ngeluarin uang puluhan juta hanya gara-gara daripada nganggur. Tapi jujur, saya tetap masih pengen banget kuliah S2. Tapi sekali lagi, saya ragu. Sangat-sangat ragu.

Kenapa ragu? Segala sesuatu ga bakal sia-sia, kan dapet ilmu.

Nah, itu dia. Ilmu. Saya ngerasa kalau misal saya ambil S2 di jurusan yang sama kaya jurusan yang saya ambil pas S1, saya ga bakal dapat ilmu yang saya inginkan. Karena jujur, saya ga menikmati kuliah di jurusan ekonomi manajemen dengan bidang konsentrasi pemasaran. Saya ga merasa benar-benar pengen belajar itu. Jadi kalau saya ambil itu, ga ada bedanya dengan saya cuman menyiksi diri sendiri. Kasian otak.

Jujur saya pengen belajar psikologi. Saya pengen kuliah psikolog. Saya pengen banget jadi psikolog. Tapi sayangnya kalau mau jadi psikolog, kuliahnya pas S1 harus psikolog juga. Jadi, gatau kenapa berasa percuma kuliah S2 tapi tetap ga bisa jadi apa yang saya pengenkan. Dilematis sekali ya Allah :(

Terus kenapa ga kerja aja?

Iya ya. Masalahnya jurusan kuliah saya pas S1 bukan jurusan yang saya inginkan. Jadi saya takut kalau kerja tidak sesuai passion dan akhrinya bikin saya ga bahagia. Kan bahaya, bisa stress, depresi, dan end up with bunuh diri.  Ngeri kan?

Tau ah, saya nulis apaan sih?


Belum ada Komentar untuk "Kuliah S2 Gara-Gara Gabut? Daripada Nganggur?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel