Takut Mencoba Hal Baru


Semua orang punya ketakutan. Ada yang takut badut, ketinggian, polisi, dan hal-hal lainnya. Yang pasti, semua orang punya sesuatu yang ditakutkan. Dan jika saya mendapatkan pertanyaan tentang sesuatu yang paling saya takutkan, maka mencoba hal yang baru adalah jawaban saya.

Nggak tahu kenapa, saya selalu takut kalau diharuskan mencoba sesuatu yang baru dalam hidup saya. Pernah ngerasain pindah sekolah? Kalau pernah, gimana rasanya menjalani hari pertama di sekolah baru? Saya pernah beberapa kali pindah sekolah. Dan rasanya menjalani hari pertama di sekolah baru itu nggak enak banget. Gugup, takut, dan perasaan-perasaan negatif lainnya seolah berkumpul menjadi satu. Nah, begitulah kira-kira apa yang saya rasakan terkait mencoba sesuatu yang baru.

Saya takut mencoba banyak hal baru. Saya takut mendatangi tempat yang belum pernah saya kunjungi. Saya takut untuk menumui orang yang belum pernah saya temui. Saya takut melakukan aktivitas yang belum pernah saya jalani. Saya takut mengurus sesuatu yang berkaitan dengan birokrasi yang sebelumnya belum pernah saya urus. Bahkan, saya takut untuk makan di tempat yang belum pernah saya datangi. Saya takut.

Selalu ada pertanyaan yang menggema dalam otak saya sebelum saya mencoba sesuatu yang baru.

“Entar gimana kalau …?”

“Aku harus ngapain kalau misalnya …?”

“Ini gak papa ya kalau misalkan aku …?”

Selalu ada keraguan. Selalu ada kekhawatiran. Keraguan dan kekhawatiran yang membuat saya selalu takut mencoba hal baru.

Saya sadar, ketakutan saya dalam mencoba hal yang baru adalah sesuatu yang buruk. Sangat buruk. Sesuatu yang membuat saya selalu gagal untuk melangkah maju. Padahal seringkali ketika saya memaksakan diri untuk melawan rasa takut, ternyata hal baru yang saya coba enggak semenakutkan apa yang saya bayangkan. Ternyata memang benar tentang apa yang sering orang-orang katakan. Ya, seringkali rasa takut lebih besar dari rasa sakit.

Ah, semoga saya bisa berubah.    

Belum ada Komentar untuk "Takut Mencoba Hal Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel